Tautan-tautan Akses

Hamas Tuduh Barat Halangi Bank Transfer Dana ke Pemerintah Palestina


Pejabat-pejabat Palestina mengatakan Amerika bersama negara Barat lain menekan bank-bank internasional dan regional agar tidak mentransfer dana kepada pemerintah Palestina yang didominasi Hamas. Nabil Amr, penasehat utama Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan bahwa dana yang dijanjikan oleh berbagai pemerintah di Timur Tengah tidak dapat disalurkan kepada Otoritas Palestina. Ia menuduh Washington telah memperingatkan berbagai bank agar tidak berurusan dengan Hamas yang dianggap Washington organisasi teroris.

Kwartet Timur Tengah yang terdiri atas Amerika, Uni Eropa, Rusia dan PBB telah menyatakan tidak akan berurusan dengan pemerintah baru Palestina kecuali jika Hamas membuang kekerasan, menerima perjanjian perdamaian yang lalu dan mengakui hak Israel untuk berdiri. Hamas yang telah bersumpah hendak menghancurkan Israel sampai sekarang menolak semua tuntutan agar memodifikasi posisinya dan merundingkan perdamaian dengan Israel.

Sementara secara terpisah, delegasi tingkat tinggi Palestina dalam waktu dekat akan melawat ke Yordania untuk menyelidiki penemuan kotak senjata yang dituduhkan terkait dengan Hamas. Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan rencana untuk mengirim delegasi itu hari Sabtu ketika berada di Amman bertemu dengan para pejabat meminta bantuan bagi Otorita Palestina.

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah menahan jutaan dolar bantuan langsung karena Hamas tidak bersedia menolak tindak kekerasan setelah Hamas mengambil alih pemerintahan Palestina bulan lalu.

Sementara itu, kelompok militan Hamas dan Partai Fatah saingannya telah sepakat untuk mengakhiri ketegangan antara cabang-cabang yang saling bersaing pemerintah Palestina, sesudah terjadi aksi kekerasan antara para pendukung mereka. Benterokan terjadi Sabtu dengan baku tembak dan lempar bom bakar dan batu, melukai sedikitnya 15 orang.

Jurubicara Fatah hari Minggu mengatakan, kedua pihak sepakat Sabtu malam untuk mengambil langkah untukmengakhiri segala bentuk ketegangan dan menggalang persatuan. Aksi kekerasan terjadi setelah langkah yang diambil Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk menguasai semua pasukan keamanan Palestina dan tanggapan oleh Hamas bahwa kelompok itu akan membentuk angkatan daratnya sendiri yang dikepalai oleh tokoh radikal Jamal Abu Samhadana yang dikehendakinya.

XS
SM
MD
LG