Tautan-tautan Akses

Bush Proritaskan Upaya Diplomasi Untuk Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir


Presiden Bush mengatakan, dia akan menggunakan diplomasi untuk mencegah Iran memiliki cara dan teknologi untuk mengembangkan senjata nuklir, meskipun katanya dia tidak menutup kemungkinan menggunakan serangan militer. Presiden Bush mengatakan di Washington hari ini, dia telah membaca laporan media massa mengenai rencana serangan militer Amerika ke lokasi-lokasi nuklir Iran. Dia menyebut laporan-laporan itu spekulasi yang berlebihan. Bush mengatakan, dengan semakin banyaknya negara yang mempermasalahkan nuklir Iran, itu adalah langkah terbaik.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendesak rakyat Iran untuk tidak khawatir, dan dia menuduh Amerika mengobarkan perang psikologis termasuk melalui laporan majalah New Yorker dan harian Washington Post. Washington menuduh Iran menggunakan program nuklir sebagai kedok untuk mengembangkan bom atom, tuduhan yang dibantah Iran.

Sementara itu, Presiden Bush juga memperingati tiga tahun jatuhnya Baghdad dan rejim Saddam Hussein, dengan menyebutnya sebagai momen penting dalam sejarah kebebasan. Presiden Bush memuji pasukan koalisi dan keluarga mereka dengan pengorbanan mereka membebaskan Irak. Dia juga memuji rakyat Irak yang bekerja keras membangun kembali negara mereka dan berpartisipasi dalam pemilu untuk memilih pemerintahan yang baru, meskipun ada ancaman dari para pemberontak.

Presiden Bush mengatakan, kini saatnya bagi para pejabat terpilih Irak untuk bersatu membentuk pemerintahan. Bush menambahkan, pasukan koalisi dan Irak bertekad akan memerangi pemberontakan di Irak. Dia mengatakan, yang paling buruk yang bisa terjadi adalah para teroris akan memperoleh senjata pemusnah massal dan Bush mengatakan dia bertekad untuk mencegah hal itu.

XS
SM
MD
LG