Tautan-tautan Akses

Kepala IAEA, Mohammed ElBaradei Akan Kunjungi Iran Minggu Depan


Kepala badan tenaga atom internasional, Mohammed ElBaradei akan berkunjung ke Iran minggu depan, untuk mencari terobosan dalam konfrontasi nuklir antara Iran dan sejumlah negara barat. Kata pejabat badan tenaga atom itu, kunjungan ElBaradei diadakan satu minggu sebelum dia harus menyusun laporan untuk Dewan Keamanan PBB tentang program nuklir Iran.

Dewan keamanan minta supaya Iran menghentikan semua kegiatan memperkaya uranium, yang bisa dipakai untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir dan juga untuk membuat senjata nuklir. El Baradei telah mendesak Iran supaya memberikan informasi untuk mendukung klaim bahwa semua kegiatan nuklir di negeri itu hanya ditujukan untuk maksud-maksud damai.

Dutabesar Amerika untuk PBB John Bolton kemarin mengatakan, Amerika akan mencari cara lain untuk menghadapi Iran kalau Dewan Keamanan tidak mau bertindak. Kata John Bolton, tindakan itu termasuk menghentikan semua hubungan bisnis Amerika dengan Iran dan mendesak sekutu-sekutu amerika supaya melancarkan sanksi ekonomi terhadap Iran dan melarang kunjungan ke negara itu.

XS
SM
MD
LG