Tautan-tautan Akses

Partai Republik Mencapai Kesepakatan Rancangan UU Reformasi Keimigrasian


Para senator dari Partai Republik di Senat Amerika telah mencapai kesepakatan berkenaan dengan rancangan undang-undang reformasi keimigrasian yang ditujukan untuk memberikan jutaan pekerja illegal peluang untuk menjadi warganegara.

Kesepakatan itu menyerukan agar para imigran illegal yang tinggal di Amerika selama lima tahun atau lebih untuk membayar denda, mendukung pajak, mempelajari bahasa Inggris dan menjalani pemeriksaan latar belakang untuk memastikan kelayakan menjadi warganegara.

Mereka yang tinggal di Amerika antara dua dan lima tahun harus meninggalkan Amerika dan kembali ke Amerika melalui pintu masuk resmi sambil mengajukan permohonan izin kerja sementara. Para imigran illegal yang tinggal di Amerika kurang dari dua tahun diharuskan meninggalkan Amerika.

Rancangan undang-undang itu merupakan sebuah alternatif atas langkah yang disepakati Komisi Hukum Senat pekan lalu yang memungkinkan semua imigran illegal menjadi warganegara Amerika.

Presiden Bush mengulang kembali seruannya terhadap Senat Amerika untuk segera mengesahkan rancangan undang-undang reformasi keimigrasian menyeluruh pada hari Rabu setelah pertemuan para pemimpin di Kongres.

Bush berulangkali menyerukan dukungannya bagi program pekerja tamu, yang memungkinkan para imigran illegal tetap berada di Amerika dengan status legal sementara.

XS
SM
MD
LG