Tautan-tautan Akses

Presiden Musharraf Peringatkan Militan Asing Tinggalkan Pakistan


Presiden Pakistan Pervez Musharraf telah memperingatkan militan asing al Qaida untuk meninggalkan daerah kesukuan Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, kalau tidak pasukan Pakistan akan menghabisi mereka. Peringatan ini diucapkannya hari Kamis dalam rapat umum di kota Lahore.

Ia mengatakan militan asing melakukan tindakan teror tidak saja di Pakistan tetapi juga di mana-mana di dunia. Ia menegaskan bahwa ia tidak akan mentolerir teroris dan ekstremis asing bersembunyi di daerah kesukuan itu.

Ratusan yang dicuriga sebagai pejuang Taleban dan al Qaida menyusup dari Afghanistan lewat perbatasan pegunungan ke wilayah kesukuan di perbatasan itu dalam empat tahun terakhir. Mereka mendapat dukungan dari kelompok-kelompok kesukuan yang konservatif di kawasan Waziristan utara dan selatan yang medannya sulit.

Pakistan menyatakan telah menempatkan lebih dari 80 ribu pasukan di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan. Dalam beberapa bulan terakhir pasukan itu telah melancarkan serangan terhadap tempat-tempat persembunyian militan di sana, menewaskan atau menawan ratusan militan.

XS
SM
MD
LG