Tautan-tautan Akses

Bush: Iran Satu-Satunya Tantangan Keamanan Terbesar bagi Amerika Serikat


Pemerintahan Bush mengatakan Iran mungkin adalah satu-satunya tantangan keamanan terbesar bagi Amerika Serikat, karena kecurigaan bahwa Teheran secara rahasia sedang membuat senjata nuklir.

Dalam sebuah laporan nasional yang dikeluarkan hari ini, Gedung Putih mengatakan diplomasi internasional harus berhasil dalam memaksa Iran menghentikan ambisi nuklirnya, “kalau konfrontasi ingin dihindari.”

Laporan itu mengatakan Amerika akan melakukan semua tindakan yang diperlukan, termasuk tindakan militer, guna melindungi keamanan dan perekonomian nasionalnya dalam persengketaan dengan Iran, yang kini ditangani Dewan Keamanan PBB.

Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice mengatakan Iran adalah “bankir sentral bagi terorisme,” dan bahwa peran Teheran dalam pendanaan kelompok-kelompok teroris merupakan satu alasan lain mengapa dunia harus prihatin mengenai program nuklirnya.

Sementara itu, Menteri LN Indonesia Hasan Wirayuda kembali mendesak Iran untuk menerima tawaran Rusia untuk merperkaya uranium di wilayah Rusia untuk meredam kecemasan akan adanya maksud terselubung Iran.

Kata Menlu Wirayuda, Indonesia mendorong Iran untuk melanjutkan diskusi dengan Rusia karena kesepkatan untuk merperkaya uranium di Rusia merupakan solusi yang baik bagi masalah ini. Indonesia, katanya juga mendorong Iran untuk melanjutkan diskusi dengan tiga negara Eropa sehingga bisa tercapai resolusi damai.

XS
SM
MD
LG