Tautan-tautan Akses

Anggota Tetap DK PBB Adakan Pembicaraan Program Nuklir Iran


Ke-5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan program nuklir Iran yang menghebohkan itu. Rapat tertutup di New York itu diadakan sebelum sidang lengkap ke-15 negara anggota Dewan Keamanan pekan depan, dimana para anggota diperkirakan akan mempertimbangkan kemungkinan tindakan terhadap Teheran.

Para anggota Dewan berbeda pendapat mengenai apakah Dewan Keamanan patut memegang peranan dalam sengketa ambisi nuklir Republik Islam itu. Walaupun Dewan Keamanan mempunyai wewenang untuk mengenakan sanksi, Rusia dan Cina yang mempunyai hak veto mengatakan masalah tersebut sebaiknya ditangani oleh Badan Energi Atom Internasional.

Dutabesar Amerika di PBB, John Bolton, mengatakan Amerika berusaha menyelesaikan sengketa itu melalui saluran diplomatic. Namun, ia mengatakan tidak dapat diterima kalau Iran memiliki senjata nuklir. Kedua anggota tetap lain Dewan Keamanan, Inggris dan Perancis, menganjurkan penyelesaian diplomatic, tetapi tidak menutup kemungkinan pengenaan sanksi terhadap Teheran.

XS
SM
MD
LG