Tautan-tautan Akses

Oposisi Thailand Gelar Rapat Raksasa di Bangkok Menentang PM Thaksin


Puluhan ribu pengunjuk rasa oposisi mengadakan rapat raksasa di ibukota Thailand menentang PM Thaksin Shinawat, dan beberapa orang mengatakan mereka tidak akan meninggalkan Bangkok sebelum perdana mentri itu turun dari jabatannya.

Dipimpin oleh Aliansi Rakyat Untuk Demokrasi, para pengunjuk rasa memulai aksinya Ahad malam di tengah kota. Seorang jurubicara pemerintah mengatakan lima ribu polisi mematroli peristiwa itu, dengan dua ribu lainnya berjaga-jaga. Aksi unjuk rasa itu adalah yang terbaru dari serangkaian aksi protes terhadap PM Thaksin, setelah keluarganya menjual bisnis telkomnya senilai hampir dua milyar dolar dalam bentuk saham bebas pajak.

Sementara aksi protes meninggi akhir bulan lalu, PM Thaksin tiba-tiba membubarkan parlemen dan mengumumkan pemilu akan diadakan tanggal 2 April – tiga tahun lebih awal dari jadwal. Tiga partai oposisi Thailand mengatakan mereka akan memboikot pemilu itu. Rapat umum pro Thaksin di ibukota hari Jumat dihadiri oleh lebih dari 100-ribu pendukung.

XS
SM
MD
LG