Tautan-tautan Akses

IAEA akan Menyelenggarakan Pertemuan Senin ini di Wina


Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA, akan menyelenggarakan pertemuan Senin ini di Wina untuk berunding mengenai rencana mengadukan Iran ke Dewan Keamanan PBB dalam kaitannya dengan program nuklir yang controversial.

Dewan Gubernur badan itu akan mempertimbangkan laporan mengenai Iran dari Kepala IAEA Mohammad el-Baradei, yang mengatakan Iran pada dasarnya telah mengesampingkan permintaan agar menghentikan program pemrosesan nuklirnya yang controversial. Proses pemrosesan itu dapat menghasilkan materi yang diperlukan untuk membuat bom atom.

Beberapa saat sebelum pertemuan IAEA, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengeluatkan peringatan lain di Teheran Senin ini bahwa Negara-negara Barat hanya akan menciptakan persoalan lebih jauh juka mereka terus menekan pemerintahnya mengenai isu nuklir.

Iran mengancam akan melanjutkan program pemrosesan uranium dengan skala penuh jika Dewan Keamanan mengambil alih sengketa itu.

Duta Besar A.S. untuk PBB, John Bolton mengatakan, Iran dapat menghadapi yang disebutnya – konsekeuensi menyakitkan – jika terus menempuh arah menuju keterpencilan internasional

XS
SM
MD
LG