Tautan-tautan Akses

16 Tewas Dalam Unjuk Rasa Kartun Nabi di Nigeria


Para pejabat Nigeria mengatakan 16 orang tewas dalam unjuk rasa yang disertai kekerasan menentang kartun yang melecehkan Nabi Muhammad. Polisi mengatakan demonstrasi di negarabagian Borno timur laut berubah menjadi kerusuhan hari Sabtu ketika para demonstran Muslim menyerang umat Kristen dan membakar gereja.

Jurubicara kepolisian Nigeria Haz Iwendi mengatakan tentara membantu polisi dalam usaha memulihkan ketertiban dan larangan keluar rumah telah diberlakukan.

Sementara itu Pemerintah Pakistan telah mengenakan larangan mengadakan aksi unjuk rasa di Ibukota Pakistan, Islamabad, sebelum berlangsung demonstrasi yang telah direncanakan, pada hari Minggu, memprotes kartun yang melecehkan Nabi Muhammad.

Larangan itu dikeluarkan menyusul demonstrasi dengan kekerasan seminggu di pakistan yang menewaskan 5 orang. Kartun itu pertama-tama diterbitkan dalam bulan September oleh Surat kabar Denmark. Kartun itu menimbulkan demonstrasi yang meluas yang kadang-kadang disertai kekerasan di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG