Tautan-tautan Akses

Komisi HAM PBB: Tahanan Guantanamo Harus Diadili atau Dibebaskan


Komisi Hak Asasi Manusia PBB hari Kamis berseru kepada Amerika agar mengadili atau membebaskan semua tahanan di Teluk Guantanamo, Kuba. Kemudian pada hari sama Parlemen Eropa menyetujui resolusi tidak mengikat meminta Amerika menutup penjara di Guantanamo.

Laporan Komisi Hak Asasi Manusia PBB itu menyimpulkan bahwa pemerintah Amerika melanggar hak para tahanan untuk diadili secara adil oleh mahkamah peradilan yang independen. Laporan Komisi disusun oleh lima penyelidik independen berdasarkan wawancara dengan bekas tahanan, pengacara hukum, media dan lembaga swadaya masyarakat serta dokumen rahasia pemerintah Amerika yang sudah terbuka pada publik.

Juru bicara Gedung Putih, Scott McClellan pada hari sama menampik laporan itu dengan mengatakan tahanan yang terkait al Qaida adalah teroris berbahaya yang dilatih untuk menyebarkan informasi sesat. Ia juga mengemukakan bahwa Komite Palang Merah Intersional mempunyai akses penuh ke penjara Guantanamo.

Penyelidik PBB mengatakan mereka menolak undangan Amerika untuk mengunjungi Guantanamo karena mereka diberi akses terbatas kepada para tahanan. Ada sekitar 500 orang yang ditahan di sana karena dicurigai mempunyai kaitan dengan al Qaida atau Taleban.

XS
SM
MD
LG