Tautan-tautan Akses

PBB, Uni Eropa dan OKI Cemaskan Reaksi Keras Atas Kartun Nabi Muhammad


PBB, Uni Eropa, dan Organisasi Konferensi Islam mengatakan mereka cemas atas aksi unjuk dengan kekerasan menentang kartun politik Denmark yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai teroris. Ketiga organisasi itu mengeluarkan pernyataan bersama hari Selasa mengutuk tindak kekerasan itu – khususnya serangan atas misi-misi diplomatik di Siria, Lebanon dan tempat-tempat lain.

Ketiga organisasi itu mengatakan mereka menjunjung sepenuhnya hak mengutarakan pendapat. Tetapi mereka mengatakan kartun “penghinaan” terhadap Nabi Muhammad menunjukkan perlunya kepekaan dan tanggung jawab oleh pers bagi kepercayaan semua agama. Aksi unjuk rasa menentang kartun itu berlanjut di seluruh pelosok dunia Islam hari Selasa.

Empat demonstran tewas di Afghanistan dan beberapa lagi luka-luka di Kashmir India. Denmark mendesak semua warganya supaya meninggalkan Indonesia dan demonstran Iran melemparkan bom api ke kedutaan Denmark di Teheran. Dalam perkembangan terkait, salah satu suratkabar utama di Iran mengumumkan sayembara atas yang disebutnya kartun terbaik mengenai Holocaust atau pembantaian orang Yahudi. Departemen Luar Negeri Amerika menyebut ini “keterlaluan.”

Demonstrasi terus berkobar hari Selasa di Asia, Timur Tengah dan Afrika lantaran kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai teroris, sekalipun adanya imbauan untuk tetap tenang dari para pemimpin dunia dan Muslim.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khameni, mengatakan “konspirasi Yahudi” berada di belakang keresahan yang terus meningkat ini. Ia mengatakan kartun itu diterbitkan untuk menyulut konfrontasi antara Muslim dan kristen. Pejabat Iran itu juga mengatakan negara mereka menangguhkan hubungan perdagangan dan ekonomi dengan denmark, di mana kartun itu mula-mulai dimuat dalam media. Warga Iran melemparkan bom api lagi ke kedutaan Denmark di Teheran hari Selasa.

Di Pakistan, ribuan demonstran membakar patung-patung Perdana Menteri Denmark Anders Fogh Rasmussen. Rasmussen membahas demonstrasi yang semakin marak itu dengan Presiden Bush dan mengatakan mereka sependapat bahwa cara menyelesaikan keadaan ini adalah melalui dialog. Denmark menganjurkan semua warga Denmark di Indonesia, untuk meninggalkan negara itu demi keselamatan mereka. Rasmusen hari Selasa sekali lagi mengimbau ketenangan dan dialog dengan kaum Muslim. Gedung Putih mengatakan Presiden Bush menelpon perdana menteri itu untuk menawarkan dukungannya bagi Denmark. Demonstrasi dengan tindak kekerasan menentang kartun itu berlanjut di seluruh pelosok dunia Islam hari Selasa sekalipun adanya imbauan oleh banyak pemimpin Muslim agar masyarakat tetap tenang.

XS
SM
MD
LG