Tautan-tautan Akses

Presiden Ahmadinejad Adakan Jumpa Pers Soal Program Nuklir Iran


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat ini mengadakan jumpa pers yang disiarkan tv yang jarang dilakukannya untuk membahas kemacetan dengan Barat mengenai program nuklir kontroversial Teheran. Kata Ahmadinejad kepada wartawan Sabtu ini, Republik Islam Iran berhak untuk memiliki teknologi nuklir, namun dia menyatakan, Iran tidak berminat untuk memiliki senjata nuklir.

Presiden Bush Jumat kemarin mengatakan, Iran tidak bisa dibiarkan berusaha untuk memiliki senjata nuklir, karena itu akan menjadi ancaman gawat terhadap keamanan dunia. Kata Presiden Bush setelah bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, tindakan berikutnya yang paling logis adalah mengajukan masalah Iran kepada dewan keamanan PBB.

Iran semakin menimbulkan kecemasan internasional pekan ini ketika Iran membuka segel yang dipasang Jawatan Tenaga Atom Internasional di fasilitas nuklirnya dan melanjutkan riset nuklir. Iran juga mengancam akan menghentikan kerjasamanya dengan Badan tenaga atom internasional kalau negara itu diadukan ke dewan keamanan bagi kemungkinan dikenai sanksi . Iran menyatakan akan melanjutkan riset tenaga nuklir untuk maksud damai.

Cina mengatakan, kalau Iran diadukan kepada dewan keamanan, itu hanya akan mempersulit keadaan, sedangkan Rusia mendesak supaya Iran melanjutkan kerjasamanya dengan badan tenaga atom internasional.

XS
SM
MD
LG