Tautan-tautan Akses

AS Dukung Eropa Ajukan Iran ke Dewan Keamanan PBB


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Amerika Serikat sepakat dengan sekutu-sekutunya di Eropa bahwa sudah waktunya mengajukan Iran ke Dewan Keamanan PBB bagi kemungkinan dikenakan sanksi sehubungan dengan program nuklirnya.

Kepada wartawan Rice mengatakan hari Kamis bahwa Washington mendukung menteri-menteri luar negeri Jerman, Prancis dan Inggris yang meminta diselenggarakan sidang para gubernur Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA mengenai soal itu.

Para menteri bertemu di Berlin hari Kamis untuk membahas keputusan Iran belum lama ini melanjutkan kegiatan riset bahan bakar nuklir. Seorang pejabat tinggi Iran mengatakan kepada televisi milik pemerintah bahwa para pejabat Iran tidak khawatir dengan kemungkinan pengajuan ke Dewan Keamanan.

Media melaporkan, Rusia, Amerika Serikat, Cina dan ketiga negara Eropa itu diperkirakan akan bertemu di London pekan depan untuk membahas isu nuklir Iran itu. Di masa lalu Rusia dan Cina menentang Iran diajukan ke Dewan Keamanan. Para pejabat Amerika dan Eropa menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir – tuduhan yang dibantah Iran.

XS
SM
MD
LG