Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Sunni Irak Demonstrasi Memprotes Kecurangan Pemilu Parlemen


Puluhan ribu orang sunni Irak berdemonstrasi di Baghdad hari Jumat memprotes apa yang mereka sebut pemilihan anggota parlemen yang curang minggu lalu. Hasil penghitungan sementara menunjukkan koalisi suku syiah mendapat suara terbanyak.

Sementara itu, enam orang warga Sudan, termasuk seorang diplomat, diculik di Irak, kata kementerian LN Sudan. Kata pejabat kementerian LN, ke-6 orang itu diculik di Baghdad setelah melakukan sembahyang Jumat. Diplomat yang diculik itu adalah sekretaris kedua pada kedutaan Sudan di Baghdad.

Pemberontak juga telah menyergap sebuah pos pemeriksaan Irak kira-kira 70 km sebelah utara Baghdad, menewaskan delapan orang tentara dan melukai 17 lainnya. Dua orang tentara Amerika juga tewas di Baghdad ketika mobil mereka terkena bom yang dipasang dipinggir jalan.

Sebelumnya, Menteri pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan jumlah tentara Amerika di Irak akan dikurangi sampai dibawah 138 ribu. Ini diumumkan Rumsfeld hari Jumat di kota Fallujah, bekas kantong kuat pasukan pemberontak. Katanya, presiden bush telah memerintahkan pengurangan pasukan itu. Pengurangan pasukan lebih lanjut akan dipertimbangkan tahun depan, kata menteri Rumsfeld. Katanya, Amerika dan mitra-mitranya dalam koalisi akan menyerahkan tanggung-jawab keamanan kepada tentara dan polisi Irak selekas mungkin.

XS
SM
MD
LG