Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Dan Kongres Larang Penyiksaan Tahanan


Gedung Putih dan anggota inti Kongres menyepakati RUU melarang semua bentuk penyiksaan terhadap semua orang di bawah tahanan Amerika. Dalam keterangan di Gedung Putih hari Kamis Presiden Bush mengatakan kesepakatan itu membuat jelas kepada dunia bahwa pemerintah Amerika tidak melakukan penyiksaan.

Kesepakatan akan memberi petunjuk dalam Buku Petunjuk Lapangan Militer tentang melakukan interogasi dan melarang perlakuan kejam, tidak berprikemanusiaan atau penyiksaan tidak peduli di mana pun orang ditahan. Sponsor utama RUU Senator John McCain dari fraksi Republik mengatakan RUU itu mengirim pesan kepada dunia bahwa Amerika tidak seperti teroris. Senator John Warner, Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat mengatakan ia yakin RUU akan disetujui.

Tetapi Ketua Komite Angkatan Bersenjata Dewan Perwakilan, Duncan Hunter meminta jaminan tertulis dari Gedung Putih bahwa RUU itu tidak akan merugikan Amerika dalam pengumpulan intelijen. Pemerintahan Bush semula menentang UU demikian dengan alasan dapat membatasi kemampuan presiden mencegah serangan teroris.

Pemerintahan Bush belakangan ini dihujani pengungkapan bahwa tentara Amerika meleceh tahanan di rumah tahanan Abu Ghraib di Irak dan melakukan interogasi kejam di Afghanistan dan Teluk Guantanamo, Kuba.

XS
SM
MD
LG