Tautan-tautan Akses

Australia Dampingi ASEAN Mendesak Burma Lakukan Reformasi Demokrasi


Australia menyertai para pemimpin Asia Tenggara dalam menghadapi Burma mengenai kurang dilakukannya usaha reformasi demokrasi di sana. Menteri LN Australia Alexander Downer mengatakan kepada wartawan di Kuala Lumpur Sabtu ini, sejak dia menjadi Menlu, dia diberitahu bahwa Birma sedikit-demi-sedikit telah bergerak ke arah reformasi konstitusi. Dia menggambarkan kemajuan di Birma sangat lambat . Downer sekarang di Malaysia untuk mengadakan pembicaraan menjelang KTT ASEAN pekan depan.

PM Malaysia Abdullah Ahmad Badawi juga mendesak Birma agar bergerak lebih maju. Dia mengatakan kepada wartawan Sabtu ini, dia berharap Birma akan menerimra delegasi yang diusulkan oleh ASEAN ke Negara itu untuk menilai reformasi di Birma. Kata Badawi, ASEAN merasa memperoleh tekanan internasional agar berbuat lebih banyak terhadap Birma, dan akan terus berusaha guna melaksanakan kebijaksanaan untuk berunding dengan Birma.

Sementara itu, Australia dan Indonesia sepakat akan meningkatkan kerja-sama dalam memerangi penangkapan ikan secara ilegal. Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer mengatakan hari ini bahwa Australia akan mendanai kampanye senilai 225 ribu dolar guna meningkatkan kesadaran di Indonesia mengenai akibat-akibat penangkapan ikan secara ilegal di perairan Australia.

Downer, yang saat ini berada di Kuala Lumpur untuk menghadiri KTT ASEAN, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua negara juga akan melakukan penelitian bersama tentang penangkapan ikan secara ilegal di Asia Tenggara. Australia akan mengirimkan menteri perikanannya ke Indonesia pada tanggal 19 Desember untuk mengadakan pembicaraan lebih jauh mengenai prakarsa tersebut.

XS
SM
MD
LG