Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Bela Kebijakan Amerika Tentang Teroris


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice berada di Jerman untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pertama antara Washington dan pemerintah baru Jerman. Lawatannya lima hari di Eropa besar kemungkinan didominasi oleh laporan tentang rumah tahanan rahasia CIA di Eropa Timur bagi tersangka pelaku teror.

Uni Eropa meminta Washington menjelaskan laporan bahwa CIA menerbangkan tersangka ke dan dari bandar udara di Eropa untuk di-interogasi di rumah penjara itu. Sebelum tiba di Berlin Rice tidak bersedia mengkonfirmasi atau membantah laporan tersebut.

Tetapi ia membela kebijakan Amerika menerbangkan tersangka pelaku teror ke negara lain untuk di-interogasi. Ia mengatakan, perbuatan itu tidak bertentangan dengan hukum di bawah hukum internasional dan penyiksaan dilarang. Menurutnya, informasi yang diperoleh dari tersangka telah mencegah serangan teroris di Eropa.

Jadi terserah pada negara-negara lain, katanya, untuk memutuskan mau atau tidak bekerjasama dengan intelijen Amerika. Rice juga akan mengunjungi Rumania, Ukraina dan menghadiri pertemuan NATO di Brussels.

XS
SM
MD
LG