Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Minta Birma Dikenakan Sanksi


Parlemen Eropa telah meminta PBB mengenakan sanksi ekonomi terhadap Birma karena dikatakan sikap pemerintah militer Birma yang sama sekali tidak peduli akan kesejahteraan rakyat.

Resolusi mengenai itu disetujui Parlemen dengan suara luar biasa besar hari Kamis dan meminta agar Dewan Keamanan PBB membicarakan situasi di Birma sebagai persoalan mendesak.

Parlemen Eropa juga menghendaki Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan menengahi peralihan menuju demokrasi di Birma. Kemudian Parlemen Eropa menuntut agar pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi segera dibebaskan dari tahanan rumah, dan mengutuk apa yang dikatakan ‘tindakan brutal militer Birma terhadap kelompok-kelompok etnis yang memperjuangkan otonomi.’

Di lain bagian – Parlemen Eropa hari Selasa menghimbau Presiden Filipina Gloria Arroyo mengampuni warga Spanyol, Francisco Larranaga yang dijatuhi hukuman mati bulan Juli lalu karena perkosaan dan pembunuhan. Parlemen Eropa menyatakan, berdasarkan standar hukum internasioinal peradilan atas Larranaga tidak adil.

XS
SM
MD
LG