Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Dua Hari Jepang-Korea Utara Tidak Capai Kesepakatan


Para pejabat Jepang mengatakan pembicaraan tingkat tinggi dua hari dengan Korea Utara tidak mencapai terobosan apapun. Ketua delegasi Jepang ke pembicaraan itu di Beijing, pejabat Kementerian Luar Negeri, Akitaka Saiki, mengatakan, meskipun terjadi perdebatan keras, pembicaraan masih tetap berharga.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara Song Il Ho mengatakan kepada wartawan, dia sependapat bahwa meskipun ada perbedaan pendapat, pembicaran yang berakhir Jumat kemarin bermanfaat.

Tidak ada pihak yang melaporkan dicapai kemajuan mengenai berbagai masalah yang selama ini menghalangi dijalinnya hubungan diplomatik bilateral. Satu-satunya persetutjuan yang dicapai adalah untuk segera bertemu lagi.

Kedua pihak mengalami jalan buntu mengenai masalah penculikan terhadap warganegara Jepang oleh agen-agen Korea Utara dalam tahun-tahun 1970-an dan 1980-an, dan juga karena tuntutan Korea Utara supaya Jepang memberi gantirugi atas pemerintahan kolonialnya di jazirah Korea sebelum Perang Dunia Kedua. Jepang juga khawatir mengenai senjata nuklir Pyongyang dan penempatan misilnya.

XS
SM
MD
LG