Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Harus Kembali Mencari Calon Hakim Anggota Mahkamah


Presiden Bush harus sekali lagi mencari calon hakim anggota Mahkamah Agung Amerika karena penguduran diri Harriet Miers kemarin.

Setelah menerima kecaman bertubi-tubi dari para anggota Partai Demokrat dan Partai Republik, Miers membatalkan pencalonannya untuk menggantikan Hakim Agung Sandra Day O’Connor yang pensiun.

Sejumlah anggota badan legislatif AS menyebut Miers kurang berpengalaman dalam hukum, sementara yang lainnya mempertanyakan bukti-bukti dirinya konservatif. Juga terjadi perdebatan mengenai akses ke dokumen yang terkait dengan tugasnya sebagai penasehat Gedung Putih.

Presiden Bush bertekad akan segera memilih calon baru sementara Senator Charles Schumer dari Partai Demokrat mendesak Presiden agar jangan tergesa-gesa dan supaya berkonsultasi dengan Senat AS.

Beberapa senator ingin agar presiden mencalonkan perempuan untuk menggantikan Hakim O’Connor, yang masih akan tetap bertugas sampai penggantinya disahkan. Yang lainnya menyarankan agar calon tersebut harus benar-benar konservatif, calon dari kelompok minoritas atau hakim pengadilan banding federal yang berpengalaman.

XS
SM
MD
LG