Tautan-tautan Akses

Calon Presiden Bush Untuk Hakim Agung Tarik Diri


Calon Presiden Bush untuk menjadi hakim anggota Mahkamah Agung, Harriet Miers telah menarik diri. Dalam keterangan singkat hari Kamis Presiden Bush mengatakan dengan perasaan berat ia menerima keputusan Miers menarik diri.

Dalam surat kepada Bush dan dirilis Gedung Putih, Miers mengatakan ia takut proses konfirmasinya oleh Senat akan menjadi beban bagi Gedung Putih. Baik Bush maupun Miers menyebut adanya tuntutan dari beberapa senator untuk melihat dokumen internal Gedung Putih sebagai penyebab Meirs menarik diri.

Ketua fraksi mayoritas Republik di Senat, Bill Frisk mengatakan, mundurnya Harriet Miers adalah demi kepentingan terbaik negara, dan ia berharap dalam waktu dekat presiden akan mengajukan calon baru. Ketua fraksi minoritas Demokrat, Harry Reid mengatakan ‘nominasi Harriet Miers dijegal oleh sayap kanan radikal Partai Republik.’

Miers mendapat kecaman terutama dari sebagian anggota Partai Republik sendiri yang memandangnya kurang mempunyai kualifikasi untuk jabatan itu dan falsafah hukumnya tidak jelas. Ia memang seorang pengacara hukum berpengalaman yang bertugas sebagai penasehat hukum presiden namun tidak pernah bertugas sebagai hakim.

Bush menominasi Miers untuk menggantikan hakim anggota Mahkamah Agung, Sandra Day O’Connor yang pensiun.

XS
SM
MD
LG