Tautan-tautan Akses

IAEA Akhirnya Setujui Resolusi Yang Dapat Serahkan Kasus Nuklir Iran ke DK PBB


Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional, IAEA, menyetujui resolusi yang dapat membuat kasus program nuklir Iran diserahkan kepada Dewan Keamanan PBB.

Jurubicara IAEA mengatakan, resolusi itu disetujui dalam pemungutan suara dengan 22 suara mendukung dan satu menolak. Duabelas negara lain abstain. Dewan Gubernur IAEA jarang melakukan pemungutan suara mengenai resolusi, dan lebih suka mengesahkannya melalui konsensus.

Ketua delegasi Iran Javad Vaidi mengatakan, tidak adanya konsensus merupakan kegagalan bagi Amerika dan Inggris. Ia tidak menjelaskan apakah Iran akan melaksanakan ancamannya, memulai lagi program pengayaan uranium dan membatasi inspeksi, kalau masalahnya diserahkan kepada Dewan Keamanan.

Resolusi itu mendapati bahwa Iran melanggar peraturan mengenai pengawasan nuklir, tetapi menunda penyerahan masalahnya kepada Dewan Keamanan. Para diplomat mengatakan, masalahnya tidak akan diserahkan kepada Dewan Keamanan sebelum Dewan Gubernur IAEA bertemu lagi bulan November. Iran membantah tuduhan bahwa pihaknya diam-diam berusaha membuat senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG