Tautan-tautan Akses

Hosyar Zebari: Suriah Tidak Mau Menghentikan Kaum Pemberontak dan Pejuang Asing yang Memasuki Irak


Menteri LN Irak Hosyar Zebari mengatakan, Suriah tidak mau menghentikan kaum pemberontak dan pejuang asing yang memasuki Irak. Hosyar Zebari mengatakan kepada Associated Press Kamis kemarin, Suriah dan pemerintah-pemerintah otoriter lainnya di kawasan itu ketakutan oleh usaha Irak untuk membangun Negara demokrasi di pusat Timur Tengah dan ingin melihat usaha itu gagal.

Menteri LN Irak itu mengatakan, pemerintah-pemerintah tadi tidak membantu dalam menghentikan masuknya kaum pejuang asing dan senjata ke Irak, meskipun ada janji untuk berbuar demikian. Duta Besar Suriah untuk PBB Fayssal Medad mengemukakan Rabu baru lalu, negaranya selama ini bekerjasama dengan Irak dengan menempatkan 10 ribu tentara di perbatasan, membangun halang-rintang dan menangkap ratusan tersangka bakal infiltran.

Sebelumnya dalam bulan ini, Presiden Bush mengatakan Suriah menghadapi pengucilan semakin ketat dari kalangan internasional karena apa yang disebutnya gagal dalam menghentikan kaum pejuang melintas masuk ke perbatasan ke Irak.

XS
SM
MD
LG