Tautan-tautan Akses

Bush Berjanji ‘New Orleans Akan Bangkit Lagi’


Presiden Bush siap menjanjkkan bahwa ‘New Orleans akan bangkit lagi’ dalam pidatonya pertama sejak taufan Katrina menerjang tiga negarabagian Amerika di kawasan pesisir Teluk Meksiko lebih dari dua pekan lalu.

Dalam beberapa nukilan dari pidatonya, yang diedarkan Gedung Putih, Bush mengatakan membangun kembali daerah pesisir Teluk Meksiko merupakan salah satu proyek pembangunan terbesar yang pernah dilakukan di dunia dan pemerintah Federal memikul sebagian besar beayanya.

Bush akan mengucapkan pidatonya dari Jackson Square di jantung daerah FRENCH QUARTER New Orleans. Para pejabat Gedung Putih mengatakan, Bush akan mengumumkan rencana pembangunan kembali, dengan inisiatif baru guna memenuhi kebutuhan para korban di bidang pendidikan, perumahan, latihan kerja dan layanan kesehatan.

Menurut para pejabat, Bush juga akan menyinggung sejarah ketidak-adilan di daerah-daerah yang terkena dampak Katrina yang membuat kemiskinan dan ketidak-setaraan. Angket publik opini menunjukkan warga Amerika keturunan Afrika terutama sangat marah tentang apa yang luas dipandang selaku tanggapan lambat dari pemerintah Federal terhadap bencana itu.

Para pejabat dari semua tingkatan pemerintahan dikecam keras karena gagal mengantisipasi bencana itu ataupun menanggapinya sebagaimana mestinya.

XS
SM
MD
LG