Tautan-tautan Akses

Taufan Katrina Terjang Pesisir Amerika


Sementara hurikan atau taufan Katrina bergerak ke arah utara, pihak berwenang di sepanjang pesisir Amerika yang terpukul berat di Teluk Meksiko mulai menghitung kerusakan dan melancarkan misi penyelamatan atas orang-orang yang terperangkap banjir.

Laporan tentang kerusakan mulai mengalir dari pesisir negarabagian Mississippi. Beberapa bagian kota Gulfport masih digenangi air akibat gelombang setinggi enam meter yang dibawa Katrina.

Ada laporan orang terperangkap di loteng atau atap rumah, bangunan bergeser dari fondasinya dan sampah yang diserakkan taufan itu menutup sebagian jalan. Di New Orleans, Louisiana, pihak berwajib mulai memasuki sebagian dari daerah penduduk yang diterjang hebat untuk mencari orang-orang yang terpaksa menyelamatkan diri ke atas rumah atau memanjat pohon.

Gubernur Louisiana telah menganjurkan penduduk agar tetap berada di tempat-tempat penampungan dan jangan pulang dulu. Ia mengatakan jalan-jalan masih harus bebas lalulintas agar petugas bantuan dapat melaksanakan tugas mereka.

Menurutnya yang berwenang akan bekerja secepat mungkin untuk menolong orang yang dalam bahaya. Pada pukul 2100 GMT pusat Katrina sudah jauh di dalam wilayah Mississippi tengah dengan angin berkecepatan maksimum sekitar 120 kilometer per jam.

XS
SM
MD
LG