Tautan-tautan Akses

Polisi Israel Dan Palestina Siap Hadapi Penarikan Israel Dari Gaza


Israel telah menutup Jalur Gaza, mengisyaratkan dimulainya penarikan dari wilayah Palestina. Pasukan Israel menutup jalan penyeberangan perbatasan hari Senin ini dan menyatakan kehadiran para pemukim Yahudi di Gaza illegal.

Pasukan Israel siap mengeluarkan pemberitahuan pengosongan kepada para pemukim Yahudi, memberi mereka waktu dua hari untuk meninggalkan tempat tersebut sebelum dikawal ke luar oleh satuan pengosongan Israel.

Hari Ahad, ribuan polisi Israel memblokir jalan-jalan yang menuju ke perbatasan untuk mencegah kaum demonstran yahudi radikal mengganggu evakuasi Di dalam kawasan itu, polisi Palestina mulai mengerahkan pasukannya di luar perkampungan Israel untuk mencegah serangan Palestina terhadap para pemukim pada saat penarikan dilakukan.

PM Ariel Sharon mengusulkan penarikan dari Gaza itu tahun lalu, mengatakan beaya yang harus dibayar Israel dalam bentuk korban manusia dan uang terlalu tinggi untuk melindungi 8500 pemukim yang dikelilingi oleh lebih dari satu juta rakyat Palestina. Israel merebut Jalur Gaza dalam perang Timur Tengah pada tahun 1967.

XS
SM
MD
LG