Tautan-tautan Akses

IAEA Kukuhkan Iran Mulai Lagi Pemrosesan Uranium di Isfahan


Badan Energi Atom Internasional IAEA mengukuhkan dimulainya lagi pemrosesan uranium di fasilitas Isfahan, Iran, tetapi menegaskan, segel-segel PBB yang mencegah akses ke bagian-bagian tertentu dalam fasilitas itu tetap utuh.

Para pejabat IAEA mengatakan, proses itu dimulai di Isfahan hari Senin setelah para inspektur IAEA memasang kamera-kamera pemantau, tetapi sebelum mereka mengetes peralatan itu.

Hari Senin para pekerja memulai proses konversi uranium kadar rendah yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir, dan belum memasuki tahap pengayaan berikut untuk menghasilkan bahan yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Uni Eropa pernah memperingatkan Iran, pihaknya mungkin akan minta agar PBB memberlakukan sanksi ekonomi kalau Iran memulai kembali operasi di Isfahan. Iran menolak tawaran Uni Eropa untuk memberikan bahan bakar dan teknologi sebagai imbalan atas komitmen mengikat bahwa Iran tidak akan membuat senjata nuklir. Iran berkeras, program nuklirnya hanya untuk membangkitkan energi.

XS
SM
MD
LG