Tautan-tautan Akses

Polisi Inggris Terus Memburu Para Pemimpin Pemboman


Polisi Inggris mengatakan mereka sedang membu para tersangka pemimpin dan semua yang memberikan bantuan terhadap pengeboman kereta-api bawah tanah Juli lalu di London. Dengan para pengebom kalau tidak tewas, berada dalam penjara, seorang jurubicara polisi hari Ahad mengatakan para penyelidik sekarang sedang mencari mereka yang mungkin telah membuat bom-bom itu, membeayai serangan, dan menyembunyikan para tersangka. Polisi telah menahan tujuh orang lagi hari Ahad dekat kota peristirahatan Brighton di Inggris selatan.

Para pejabat belum memberikan keterangan mengenai tuduhan keterkaitan mereka dengan pengeboman itu. Sekurang-kurangnya 18 orang sekarang sudah ditahan. Empat pengebom bunuh diri membunuh diri mereka sendiri dan 52 lainnya tujuh Juli lalu di kereta bawah tanah London dan di sebuah bis. Empat tersangka lainnya berusaha tapi gagal meledakkan bom-bom mereka tanggal 21 Juli. Tiga tersangka pengebom berada dalam tahanan Inggris. Tersangka ke empat ditahan di Italia hari Jumat, dan dikabarkan sedang berusaha agar tidak di ekstradisi ke Inggris.

Sebelumnya, polisi Inggris mengatakan mereka menahan tujuh orang lagi hari Ahad dalam kaitan dengan usaha pengeboman system transportasi London 21 Juli yang lalu. Para tersangka ditahan dalam suatu penggeledahan di dua perumahan di kawasan Sussex di Inggris selatan. Polisi tidak memberikan keterangan mengenai tuduhan keterkaitan mereka dengan pengeboman yang gagal itu. Keempat tersangka yang akan melakukan pengeboman itu sudah berada dalam tahanan, tiga di London dan seorang di Italia. Para penyelidik sekarang memusatkan pada jaringan pendukung penyerang itu.

Sementara itu, polisi Italia mengatakan mereka menahan saudara kedua tersangka pengeboman Osman Hussain dengan tuduhan berkaitan dengan surat-surat keterangannya. Hussein ditahan di Roma hari Jumat dan diperkirakan akan berusaha agar tidak dikirim ke Inggris. Saudaranya yang lain juga ditahan di Roma hari Jumat dituduh memberikan perlindungan kepada tersangka pengeboman dan memiliki surat-surat keterangan palsu.

XS
SM
MD
LG