Tautan-tautan Akses

Konser 'Live 8' Meminta Negara-Negara Kaya Atasi Kemiskinan di Afrika


Nama-nama paling terkenal di bidang musik pop mengadakan konser di seluruh dunia, meminta negara-negara kaya agar melenyapkan kemiskinan di Afrika.

Konser Live 8 di Amerika Serikat berlangsung di Philadelphia menampilkan artis-artis paling terkenal di bidang musik Hip Hop dan Rhythm and Blues, antara lain P. Diddy, Jay Z, Stevie Wonder dan Destiny’s Child.

Di London, mantan anggota Kelompok Beatles Paul McCartney dan penyanyi utama grup U2, Bono, membuka pertunjukan musik itu.

Kemudian Cold Play, Elton John dan Milyarder piranti lunak Bill Gates tampil di panggung di Hyde Park, di depan massa yang berjumlah kurang lebih 200.000 penonton.

Faith Hill, Duran-Duran, dan beberapa bintang Italia, termasuk Francesco De Gregori, tampil dalam pertunjukan di gedung kuno Circus Maximus Roma.

Konser-konser itu diselenggarakan di negara-negara kelompok 8, menjelang KTT para pemimpin negara Industri besar dan Rusia pekan depan. Pengurus Konser G-8, Bob Geldof, berharap konser itu akan mendorong para pemimpin untuk berbuat lebih banyak bagi Afrika. Tempat-tempat konser Live 8, hari Sabtu, antara lain Tokyo, London, Paris, Berlin, Roma , Moskow, Johannesburg dan Philadelphia, Amerika, dan Berrie Canada.

Sementara itu, sebanyak 200. 000 orang - banyak yang mengenakan pakaian putih membentuk rantai manusia di Ibukota Skotlandia , Edinburgh, mendesak diambilnya tindakan terhadap kemiskinan di Afrika, dalam KTT kelompok 8, pekan depan di tempat peristirahatan Gleneagles di dekatnya.

Aksi unjuk rasa “Membuat Kemiskinan Sejarah”, bertepatan dengan Live 8 Rock Concerts yang diselenggarakan di seluruh dunia.

Menteri Keuangan Inggris, Gordon Brown mengatakan hari Sabtu bahwa mereka yang membela warga Afrika yang hidup dalam kemiskinan terlibat dalam perjuangan moral yang besar.

Para demonstran menginginkan negara-negara industri menghapus hutang Afrika, menambah bantuan bagi negara-negara miskin, dan melenyapkan rintangan perdagangan yang menghambat import produk dari Afrika.

Para pemimpin tujuh negara industri utama di dunia, Inggris, Canada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat serta Rusia memulai KTT mereka hari Rabu mendatang.



XS
SM
MD
LG