Tautan-tautan Akses

Partai Hariri Yakin Akan Memperoleh Mayoritas Di Parlemen


Persekutuan oposisi Lebanon pimpinan Saad Hariri mengatakan mereka memenangkan cukup kursi dalam tahap terakhir pemilihan di Negara itu hari Ahad untuk mendapatkan kursi mayoritas di parlemen. Hasil akhir baru akan diketahui Senin ini.

Tetapi anggota-anggota kelompok anti Suriah mengatakan mereka memenangkan 21 kursi yang mereka perlukan untuk menguasai parlemen beranggotakan 128 . Persekutuan itu menghadapi kelompok yang dipimpin oleh bekas jendral anti Suriah, Michel Aoun, yang baru-baru ini bergabung dengan politisi-politisi pro Suriah.

Pemilihan itu, yang diadakan bertahap menurut wilayah, mengakhiri kekacauan politik selama empat bulan yang dipicu oleh pembunuhan ayah Saad Hariri, mantan perdana menteri Rafik Hariri, 14 Februari yang lalu. Pembunuhan itu mengakibatkan demonstrasi besar-besaran anti Suriah di Beirut dan tekanan kuat dari masyarakat internasional yang memaksa Suriah menarik 14.000 pasukannya dari negara tersebut. Pemerintahan Beirut juga mengundurkan diri di bawah tekanan.

XS
SM
MD
LG