Tautan-tautan Akses

Rice dan Sharon: Penarikan Dari Gaza Kunci Untuk Perdamaian Timur Tengah


Menteri Luar Negeri AS Condoleeza Rice dan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan rencana penarikan Israel dari Jalur Gaza akan meningkatkan proses perdamaian di Timur Tengah.

Keduanya berbicara kepada para wartawan hari ini setelah bertemu di Yerusalem untuk mendiskusikan rencana penarikan Israel dari Gaza bulan Agustus mendatang. Menteri Rice menyebut penarikan itu sebuah “langkah bersejarah” yang akan meningkatkan keamanan Israel.

PM Sharon mengatakan penarikan itu akan menguatkan proses politik di bawah apa yang dinamakan rencana “peta jalan” perdamaian, yang menyerukan dibentuknya sebuah negara merdeka Palestina.

Dalam beberapa isu yang sengit diperdebatkan mengenai penarikan itu, Menlu Rice mengatakan para pemimpin Israel dan Palestina telah menyetujui bahwa rumah-rumah orang Yahudi di 21 pemukiman-pemukiman Gaza akan dihancurkan.

Pihak berwenang Palestina mengatakan mereka lebih memilih untuk menghancurkan rumah-rumah keluarga kecil orang Yahudi sehingga rumah-rumah baru dapat dibangun yang lebih sesuai dengan keluarga besar orang-orang Palestina.

XS
SM
MD
LG