Tautan-tautan Akses

Tokoh-Tokoh Shiah Dan Sunni Irak Berembuk Untuk Mengakhiri Kekerasan


Para pembantu tokoh Shiah Irak, Moqtada al-Sadr mengadakan pertemuan yang jarang terjadi dengan sebuah kelompok penting cendekiawan Muslim Sunni, dalam upaya mengendurkan ketegangan sectarian yang semakin memanas.

Pertemuan hari Ahad itu dilakukan kurang dari empat pekan setelah para penguasa Irak mengumumkan pemerintahan baru. Sejak itu, lebih dari 500 orang, termasuk tokoh-tokoh Shiah dan Sunni, tewas akibat bom, pencegatan dan tindak kekerasan lainnya.

Sementara itu, Romania mengatakan tiga wartawan Romania dan pemandu mereka warga Irak telah dibebaskan, hampir dua bulan setelah mereka diculik di Baghdad. Di tempat lain di ibukota, orang-orang bersenjata menembak mati direktur jendral Departemen Perdagangan Irak, Ali Musa Salman dan sopirnya, ketika menteri itu menuju ke tempat kerjanya.

Dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan di sebuah website Islamis, kelompok al Qaida di Irak menyatakan telah mengesekusi seorang penerbang Amerika, tetapi seorang jurubicara militer Amerika mengatakan ia tidak tahu menahu adanya penerbang yang hilang.

XS
SM
MD
LG