Tautan-tautan Akses

Teheran Akan Tangguhkan Kegiatan Nuklir Selama Seminggu


Perunding utama nuklir Iran mengatakan, Teheran mungkin menangguhkan seminggu dimulainya kembali proses nuklir yang ditentang negara-negara Barat, jika perundingan lanjutan dengan wakil Eropa berjalan lancar.

Tetapi Hassan Rowhani mengatakan, keputusan Iran untuk melanjutkan proses konversi uranium itu tidak dapat diubah lagi. Dalam wawancara dengan kantor berita Reuters, Rowhani berkeras menyatakan Teheran akan meneruskan rencana konversi di sebuah fasilitas di Isfahan. Tetapi katanya, dengan berbuat demikian otomatis akan berlanjut dengan proses nuklir tahap berikutnya – yaitu pengayaan nuklir.

Washington menuduh Teheran berusaha membangun senjata nuklir, dan mendukung ancaman Eropa untuk membawa persoalan itu ke Dewan Keamanan PBB bagi kemungkinan dikenakan sanksi. Iran mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai. Inggris, Prancis dan Jerman telah merundingan soal itu dengan Iran, dan telah meminta pertemuan krisis tanggal 24 Mei untuk membicarakan rencana konversi itu dengan Rowhani.

XS
SM
MD
LG