Tautan-tautan Akses

115 Kardinal Katolik Roma Memulai Tugasnya Memilih Pengganti Paus Yohanes Paulus II


Seratus lima belas kardinal Katolik Roma dari seluruh dunia, hari ini, Senin, memulai tugasnya memilih seorang pengganti Paus Yohane Paulus dalam proses seleksi, yang menggabungkan ritual berusia berabad-abad, dengan teknologi modern.

Setelah misa umum di Basilika Santo Petrus, para kardinal itu akan memasuki kapel Sistine untuk memulai pertimbangan mendalam guna memilih penerus Santo Petrus yang ke 264 ini. Suara pertama dapat muncul hari ini, Senin, atau hari Selasa.

Para pejabat Vatikan telah melakukan tindakan pengamanan yang luar biasa demi keamanaan untuk menjamin kerahasiaan konklaf. Baik kapel Sistine maupun tempat pertemuan para kardinal, telah diperiksa secara saksama, untuk mencari kemungkinan adanya alat penyadap. Para kardinal itu telah bersumpah menjaga kerahasiaan, dan segala alat komunikasi dilarang di tempat itu.Paus Gregorius ke-Sepuluh menetapkan peraturan yang saat ini masih berlaku untuk proses seleksi paus, setelah dia dipilih pada tahun 1271 oleh para kardinal yang memakan waktu selama tiga tahun untuk menentukan seorang paus baru.

XS
SM
MD
LG