Tautan-tautan Akses

Perpustakaan Kongres Menemukan Rekaman VOA Sangat Berharga


Perpustakaan Kongres Amerika mengatakan telah menemukan rekaman yang sudah lama terlupakan. Rekaman itu berisi suara-suara beberapa mahabintang jazz Amerika - Thlonious Monk, John Coltrane, Ray Charles dan Orkes Dizzy Gillespie. Direkan pada tahun 1957, pita-pita itu belum pernah didengar di Amerika Serikat. Voice of America merekam musik itu pada sebuah konser di Carnegie Hall di Kota New York untuk disiarkan ke negara-negara lain di seluruh dunia.

Seorang ahli musik jazz di perpustakaan itu, Larry Appelbaum mengatakan penemuan pita rekaman itu mempunyai arti sangat penting bagi para pakar dan sejarah musik.

Di samping pengantar oleh pemandu acara jazz legendaris VOA, Willis Conover, rekaman itu berisi pertunjukan langsung selama satu jam oleh pemain piano Monk dan kuartetnya bersama-sama dengan pemain saxophone, Coltrane.

Perpustakaan Kongres telah membuat kopi digital high-resolution rekaman itu yang dapat didengar oleh para peneliti, dan dikabarkan sekarang sedang dipertimbangkan untuk dirilis secara komersial.

Koleksi rekaman muskin di Perpustakaan Kongres adalah yang terbesar di Amerika, termasuk lebih dari 50,000 rekaman VOA dari tahun 1946 sampai 1988.

XS
SM
MD
LG