Tautan-tautan Akses

7 Badak Langka Ditemukan di Aceh


Badak Sumatra di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Taman Nasional Leuser di Aceh juga menemukan badak langka di tempatnya. (Foto: AP)
Badak Sumatra di Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Taman Nasional Leuser di Aceh juga menemukan badak langka di tempatnya. (Foto: AP)

Kamera yang dipasang di Taman Nasional Leuser, Aceh, menangkap penampakan tujuh badak langka pertama dalam 26 terakhir.

Seorang ahli konservasi mengatakan bahwa tujuh badak terlangka di dunia telah diambil gambarnya di taman nasional Indonesia. Penampakan ini adalah yang pertama kalinya di taman tersebut dalam 26 tahun terakhir.

Tarmizi dari Yayasan Internasional Leuser mengatakan pada Kamis (9/8) bahwa foto-foto yang dihasilkan kamera yang sensitif terhadap pergerakan mengidentifikasi seekor badak Sumatra jantan dan enam badak Sumatra betina di Taman Nasional Leuser, Aceh, pada April.

Lebih dari 1.000 gambar dari 28 perangkap kamera diambil sejak Juli tahun lalu. Populasi badak di taman tersebut diperkirakan tidak lebih dari 27 ekor.

Diperkirakan ada 200 badak Sumatra hidup dalam kelompok-kelompok kecil di Indonesia dan Malaysia, atau tinggal setengah dari jumlah badak 15 tahun lalu.

Kurang lebih 70 persen dari populasi tersebut hilang sejak 1985, terutama karena perburuan dan hilangnya habitat. (AP)

Recommended

XS
SM
MD
LG