Tautan-tautan Akses

Perang Israel-Gaza Berlangsung 3 hari, Dimediasi Mesir


Perang Israel-Gaza Berlangsung 3 hari, Dimediasi Mesir
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:01:12 0:00

Dilansir dari Reuters, Israel melakukan serangan yang diklaim sebagai ‘pre-emptive’ ke Gaza, mengantisipasi serangan dari kelompok Jihad Islam Palestina setelah salah satu pimpinannya, Bassam Al-Saadi, ditangkap Israel dalam sebuah razia di Tepi Barat.

Serangan ‘pre-emptive’ Israel ditujukan ke sebuah apartemen di Gaza, tempat tinggal pimpinan Jihad Islam yang lain, Tayseer Al-Jabari. Ia tewas dalam serangan tersebut.

Lantas siapa kelompok Jihad Islam Palestina ini? Perdana Menteri Israel Yair Lapid menyebut kelompok ini sebagai kelompok proksi Iran yang hendak menghancurkan negara Israel.

Dilansir dari media Aljazeera, kelompok ini tidak sebesar kelompok Hamas. Meski demikian tetap berbekal senjata seperti roket, misil dan tentara yang disebut sebagai brigade Al-Quds.

Berdasarkan catatan PBB, sebelum ini Israel telah gencarkan serangan ke Gaza setidaknya 4 kali. Pada tahun 2014 misalnya, serangan Israel berbuah konflik bersenjata yang berlangsung hingga 50 hari. Tahun lalu, operasi militer Israel-Gaza sempat terjadi hingga 11 hari.

XS
SM
MD
LG