Tautan-tautan Akses

Ngaben Raja Pemecutan Bali


Ngaben Raja Pemecutan Bali
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:00:51 0:00

Ribuan warga Bali memadati jalan di Denpasar, Bali dalam upacara Ngaben jenazah Raja Ida Cokorda Pemecutan XI Jumat 21 Januari lalu. Raja Pemecutan bernama asli Anak Agung Ngurah Manik Parasara meninggal dunia pada usia 76 tahun Desember lalu. Ritual pemakaman raja telah berlangsung sejak 2 Januari.

Anggota keluarga kerajaan turut serta dalam parade ini diarak dengan payung hitam berlapiskan emas. Sementara puluhan pria dengan pakaian tradisional Bali mengarak jenazah raja yang diletakkan pada menara penuh warna setinggi 10 meter.

Dalam upacara ini jenazah raja diarak dalam peti besar bersamaan dengan ogoh-ogoh. Peti besar berbentuk lembu jadi tempat kremasi jenazah. Abu raja kemudian dibawa ke lautan.

Upacara kremasi ini disebut ‘pelebon’. Orang Bali percaya rohnya akan berada di alam atas memnati giliran untuk dilahirkan kembali, seperti dilansir dari AFP.

Anak Agung Ngurah Manik Parasara dikenal sebagai tokoh pemimpin spiritual yang kerap kampanyekan toleransi keberagamaan.

Di tahun 2004, ia divonis bersalah atas dakwaan pembunuhan setelah ia menusuk saudara tirinya dalam sebuah pertikaian keluarga. Ia kemudian bebas setelag menjalani 1 tahun hukuman di penjara Kerobokan.

XS
SM
MD
LG