Tautan-tautan Akses

AS

Fauci: COVID-19 Varian Inggris Bisa Jadi "Dominan" di AS pada Akhir Maret


Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS

Dr. Anthony Fauci pada Senin (8/2) mengatakan virus corona varian Inggris menyebar cepat sehingga bisa menjadi varian virus yang dominan di AS pada akhir Maret.

Berbicara dalam konferensi pers virtual dengan tim tanggap COVID-19 Gedung Putih, Fauci mengatakan varian asli dari virus corona sekarang ini masih "dominan" di AS.

Tapi Fauci, kepala penasihat medis presiden, mengatakan model itu menunjukkan bahwa varian Inggris yang dijuluki varian B117, menyebar dengan cepat dan bisa menjadi dominan di AS dalam enam minggu.

Berita baiknya adalah, kata Fauci, vaksin yang sedang didistribusikan di AS sekarang ini cukup efektif melawan varian B117 itu. Tapi dia memperingatkan vaksin itu kurang efektif melawan varian virus yang berasal dari Afrika Selatan.

Fauci mengatakan harapannya adalah virus itu bisa lebih dikendalikan sebelum varian itu menjadi dominan di AS. Dia mengatakan, "Caranya dengan memvaksinasi semakin banyak orang dan memberlakukan protokol kesehatan."

Menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian Penyakit AS, sedikitnya 32 juta orang telah menerima satu dosis vaksin COVID-19, dan lebih dari 9.5 juta telah menerima dua dosis. [vm/ka]

XS
SM
MD
LG