Tautan-tautan Akses

AS

AS, Meksiko akan Bahas Perdagangan Buah dan Sayur


Maria Trinidad, dari Guerrero, Meksiko, berjualan buah dan sayuran di Sunny, Houston. (Foto: VOA/R. Taylor)

Amerika Serikat dan Meksiko berencana mengadakan pembicaraan dalam 90 hari ini untuk membahas kekhawatiran Amerika bahwa impor buah dan sayuran Meksiko dapat merugikan para petani Amerika.

Kantor Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Selasa (1/9), mengumumkan bahwa Amerika ingin secara spesifik meninjau impor stroberi, paprika dan produk-produk musiman lainnya, dan bahwa peninjauan itu dapat mengarah pada penetapan tarif.

“Presiden Trump mengetahui tantangan yang dihadapi para petani Amerika serta berkomitmen untuk mempromosikan dan mengamankan perdagangan yang adil serta kesempatan yang setara bagi semua produsen Amerika,” kata Lighthizer dalam suatu pernyataan.

Kementerian Ekonomi Meksiko berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembicaraan itu, dan dalam suatu pernyataan mengemukakan keinginan untuk “mencari solusi yang sama-sama memuaskan terkait kekhawatiran yang dikemukakan industri pertanian kedua negara.”

Meksiko juga menyatakan akan berupaya untuk “mempertahankan akses khusus bagi ekspor pertanian Meksiko ke Amerika Serikat.”

Kedua negara, bersama dengan Kanada, memulai perjanjian perdagangan baru yang disebut Perjanjian AS-Meksiko-Kanada dua bulan silam, menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang mengatur perdagangan di kawasan itu selama 26 tahun. [uh/ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG