Tautan-tautan Akses

Pompeo: AS Tak Izinkan Iran Beli Senjata pasca Embargo PBB


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo hari Rabu (29/4) mengatakan Amerika tidak akan mengizinkan Iran untuk membeli senjata konvensional setelah embargo PBB mengenai hal ini berakhir pada bulan Oktober.

"Kita tidak akan membiarkan itu terjadi," kata Pompeo kepada wartawan pada konferensi pers. "Kita akan bekerja sama dengan Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang larangan penjualan senjata itu jika pihak-pihak lainnya tidak bertindak.

Menlu Pompeo mengatakan upaya AS akan mencakup upaya melalui perjanjian nuklir yang dikecam Presiden Donald Trump, dengan mengatakan Amerika sedang meninjau setiap kemungkinan tentang bagaimana melakukannya.

Pompeo selama jumpa pers itu juga mengatakan AS akan menentukan peran China dalam hilangnya "puluhan ribu nyawa warga Amerika dan kekayaan luar biasa" akibat virus corona.

Pompeo mengatakan AS akan menuntut jawaban sampai "transparansi yang diperlukan untuk memastikan bahwa mereka yang melakukan penelitian ilmiah mengenai virus dan patogen yang rumit, melakukannya dengan cara yang tidak menciptakan risiko seperti yang kita alami". [my/jm]

XS
SM
MD
LG