Tautan-tautan Akses

Suriah: Serangan Udara Israel di Damaskus Tewaskan 3 Warga Sipil


Serangan udara di Damaskus, Syuriah, 24 Februari 2020. (SANA/Handout via REUTERS SANA)

Pesawat-pesawat tempur Israel terbang di atas Lebanon dan menembakkan misil ke sejumlah kawasan dekat Damakus, kata militer Suriah, sambil mengklaim bahwa mereka berhasil menembak jatuh sebagian besar misil-misil tersebut. Sementara itu menurut media pemerintah Suriah SANA, serangan Israel menewaskan tiga warga sipil dan melukai empat lainnya. Menurut pernyataan militer yang disampaikan SANA, serangan itu berlangsung saat subuh, namun tidak merinci apa dan bagaimana serangan itu, serta targetnya.

Kelompok Pengamat HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan, serangan itu menarget kepentingan-kepentingan Iran di Suriah dan proksi-proksinya di wilayah itu, termasuk kelompok militan Lebanon, Hizbullah.

Kantor berita SANA mengatakan, pecahan dari misil-misil Israel menghantam sejumlah rumah di Hajira dan Adlieh, dua kawasan di pinggiran Damaskus, menewaskan tiga orang dan melukai empat lainnya.

Israel belum mengeluarkan tanggapannya atas laporan Suriah itu. Sebelumnya Israel pernah mengaku melakukan serangan serupa selama beberapa tahun, yang umumnya ditujukan ke armada kendaraan pengirim senjata Iran ke Hizbullah. Pada beberapa bulan terakhir, sejumlah pejabat Israel mengungkapkan keprihatinan mereka bahwa Hizbullah sedang membangun fasilitas produksi misil terarah dengan akurasi tinggi.

Pekan lalu, serangan udara Israel yang menarget pasukan Iran dan para pejuang dukungan Iran di sebuah gurun dekat kota bersejarah Palmyra, menewaskan sembilan tentara, termasuk enam orang yang bukan warga negara Suriah. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG