Tautan-tautan Akses

Trump: Dubes Inggris adalah Orang yang Sangat Bodoh


Presiden AS, Donald Trump di Gedung Putih, Washington, D.C., 8 Juli 2019.
Presiden AS, Donald Trump di Gedung Putih, Washington, D.C., 8 Juli 2019.

Presiden Amerika Donald Trump, Selasa (8/7) menyebut Duta Besar Inggris Kim Darroch sebagai “orang yang sangat bodoh,” suatu ejekan baru yang dimaksudkan untuk menimpali penilaian duta besar itu bahwa Trump “tidak kompeten.”

“Duta Besar Aneh yang disisipkan Inggris ke Amerika Serikat bukanlah seseorang yang kita senangi,” tulis Trump di Twitter.

Pemimpin Amerika itu mengatakan Darroch, duta besar Inggris di Washington sejak 2016, “harus berbicara kepada negaranya, dan Perdana Menteri May, mengenai perundingan Brexit yang gagal, dan tidak marah oleh kritik saya mengenai betapa buruknya perundingan itu ditangani. Saya katakan kepada @theresa_may tentang cara mencapai kesepakatan itu, tetapi ia melakukan dengan caranya sendiri yang bodoh, tidak dapat menyelesaikan kesepakatan itu. Bencana!”

Trump menambahkan, “Saya tidak kenal Duta Besar tetapi diberitahu ia adalah orang yang sombong. Katakan kepadanya Amerika sekarang memiliki ekonomi dan militer terbaik di dunia, sejauh ini.”

Trump pada hari Senin (8/7) juga mengatakan ia tidak akan lagi “berurusan” dengan Darroch, seraya mengklaim bahwa Darroh tidak disukai atau dihormati di dalam Amerika.

Sore harinya, seorang pejabat Gedung Putih mengukuhkan laporan bahwa Darroch tidak diundang ke acara jamuan makan malam yang diselenggarakan Menteri Keuangan Amerika Steven Mnuchin bersama dengan Trump dan Emir Qatar. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG