Tautan-tautan Akses

PBB: Kebebasan Berpendapat Mulai Terancam


PBB: Kebebasan Berpendapat Mulai Terancam
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:13 0:00

Penyelidik PBB, David Kaye, mengatakan meningkatnya industri pengintaian privasi dan penggunaan pengintaian dijital terhadap individu merongrong kebebasan mengemukakan pendapat dan menempatkan jiwa banyak orang dalam risiko

Correspondent Report 28342957
Lisa Schlein – Geneva
For Breakfast Show : 06-26-2019
Time : 6:00 – 7:00 PM

UN – Freedom of Expression

Intro : Penyelidik PBB, David Kaye, mengatakan meningkatnya industri pengintaian privasi dan penggunaan pengintaian dijital terhadap individu merongrong kebebasan mengemukakan pendapat dan menempatkan jiwa banyak orang dalam risiko. Hari Rabu ia menyampaikan laporannya tentang kebebasan berpendapat dan mengemukakan pendapat kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Koresponden VOA Lisa Schlein mengirim laporan dari Jenewa disampaikan Ali Lubis.

Text : David Kaye tidak mengutuk semua kegiatan pengintaian. Ia mengakui pemerintah boleh jadi punya kebutuhan yang sahih dan kritis menggunakan teknologi pengintaian dalam menghadapi kegiatan kriminal seperti terorisme. Namun, katanya, ia mendapati transfer teknologi pengintaian dijital pribadi kepada pemerintah yang menggunakannya sebagai alat penindasan sangat, menggusarkan.

1st Kaye Act

Voice : Kita lihat pengintaian bebas dilakukan semua orang, di mana negara dan industri pada hakikatnya bekerjasama dalam menyebarkan teknologi yang langsung menimbulkan kerugian pada individu di seluruh dunia, acapkali merugikan individu dan organisasi di negara lain yang perlu bagi kehidupan demokrasi seperti wartawan, pembela, tokoh oposisi, pengacara dan lainnya.

Text : Dalam laporannya ia menyebut banyak contoh. Dalam satu kasus, katanya, laporan yang dipercaya menyatakan pemerintah Tiongkok menggunakan teknologi pengenalan wajah dan kamera pengintai untuk menandai etnis Uighur berdasarkan tampilan mereka. Pemerintah kabarnya menyimpan rekaman kedatangan dan kepergian mereka untuk keperluan penelitian dan peninjauan. Ia menambahkan, sebagian dari teknologi itu dibuat oleh perusahaan swasta Tiongkok.
Menurut Kaye, teknologi itu sedang menyebar tanpa dapat dikendalikan ke seluruh dunia. Ia mengatakan industri pengintaian swasta beroperasi dalam kegelapan, menjual dan memasarkan teknologi itu dengan sangat rahasia. Dan perdagangannya didorong oleh keinginan meraub keuntungan.

2nd Kaye Act

Voice : Luas dipahami bahwa pengintaian dijital terutama jika dilakukan tanpa batas hukum dan pengawasan di bawah payung UU rahasia serta kebijakan tanpa mengungkapkan pembelian atau penggunaannya, adalah ancaman terhadap kebebasan mengemukakan pendapat.

Text : Kaye menyarankan segera dilakukan moratorium atas penjualan, transfer dan penggunaan semua alat untuk melakukan kegiatan pengintaian privasi. Ia mengatakan ia tidak menganjurkan dikeluarkan larangan permanen atau menghentikan semua pengintaian. Hanya, katanya, pengamanan yang keras terhadap hak asasi harus ada guna memastikan alat pengintaian dijital digunakan dalam cara yang sesuai hukum sebelum bisnis dalam teknologi ini boleh jalan terus. (al/
XS
SM
MD
LG