Tautan-tautan Akses

Warga Palestina di Tepi Barat Protes Konsep Perdamaian Usulan AS


Warga Palestina melakukan protes di Tepi Barat (foto: dok).
Warga Palestina melakukan protes di Tepi Barat (foto: dok).

Ratusan warga Palestina hari Senin (24/6) melancarkan protes di seluruh wilayah Tepi Barat menentang konferensi ekonomi di Bahrain pekan ini yang mengawali konsep perdamaian Timur Tengah pemerintahan Trump.

Warga Palestina tumpah ruah di jalan-jalan, mulai dari Hebron sampai ke Nablus, banyak diantaranya sambil membakar patung Presiden Trump dan Raja Bahrain. Di Ramallah, demonstran membawa keranda besar yang diberi tulisan besar sebagai “Bengkel Bahrain” dan simbol-simbol bertuliskan “The Deal of the Century is doomed.”

Puluhan pemuda di kota Halhul membakar ban mobil dan melemparkan pasukan Israel dengan batu. Pasukan itu membalas dengan gas air mata dan peluru karet.

Di Jalur Gaza, jumlah demonstran tidak terlalu banyak. Seorang lelaki yang mengenakan pakaian mirip pemimpin Palestina Yasser Arafat berdiri di jalan di kota Gaza sambil memegang pelakat berbunyi “Deal of the Devil” serta bendera Israel dan Amerika.

“Pesan kami pada Konferensi Bahrain, biarkanlah kami sendiri, biarkanlah kami dalam keadaan damai,” kata Ibrahim al-Nahal. “Kami tidak butuh uang Anda… Tidak ada yang dapat menghentikan revolusi bangsa Palestina.” (al/em)

XS
SM
MD
LG