Tautan-tautan Akses

Pemerintah Australia Menuntut Penjelasan dari China Alasan Warga di Tangkap


Pemerintah Australia Menuntut Penjelasan dari China Alasan Warga di Tangkap
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:10 0:00

Penahanan mantan diplomat, aktivis, dan penulis China, Yang Heng-yun oleh pemerintah Tiongkok berlanjut, dan pemerintah Australia menuntut penjelasan dari China alasan warga negaranya ditangkap

CR: 26445486 AUSTRALIA CHINA MISSING WRITER
BS- 01/24/2019
Adaptor: Puspita - CHECKER: Jimmy

INTRO/MC:
Penahanan mantan diplomat, aktivis, dan penulis Tiongkok, Yang Heng-yun oleh pemerintah Tiongkok berlanjut, dan pemerintah Australia menuntut penjelasan dari Tiongkok alasan warganegaranya ditangkap. Laporan selanjutnya disampaikan Puspita Sariwati.//

TEKS:

Pemerintah Australia mendesak Tiongkok untuk menjelaskan mengapa pembangkang dan penulis yang berkewarganegaraan ganda Tiongkok dan Australia itu, ditahan selama hampir seminggu di negara asalnya.
Yang Hengjun, seorang mantan diplomat Tiongkok yang kemudian menjadi aktivis dan novelis demokrasi, ditahan di selatan kota Guangzhou, Jumat lalu ketika tiba dari New York bersama istri dan anak tirinya.
Diplomat tinggi Australia mengatakan, mereka berharap Tiongkok membebaskan Yang secepat mungkin.

((SOUNDBITE IN ENGLISH: Australian Foreign Minister Marise Payne))
"Kami juga sedang menunggu penjelasan dari pihak berwenang pemerintah Tiongkok mengenai sifat penahanan itu dan apakah ada kemungkinan tuduhan akan dijatuhkan terhadap Yang. Kami akan seterusnya mengajukan keluhan ini ke Tiongkok untuk memastikan bahwa masalah ini ditangani secara transparan dan adil."

TEKS:
Penahanan Yang di Tiongkok terjadi di tengah-tengah penangkapan dua warganegara Kanada di Beijing yang tampaknya sebagai tindakan balasan atas penahanan Eksekutif Senior Tiongkok di Kanada.
Meng Wanzhou, Kepala Keuangan perusahaan telekom Tiongkok, Huawai ditangkap di Vancouver pada 1 Desember atas permintaan Amerika Serikat, yang selanjutnya berusaha mengekstradisi dirinya ke Amerika atas tuduhan pelanggaran sanksi perdagangan AS terhadap Iran. (PS/JM)
XS
SM
MD
LG