Tautan-tautan Akses

Komandan Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Militan Taliban


Jenderal Raziq berbicara dengan para Komandan NATO (foto: dok).
Jenderal Raziq berbicara dengan para Komandan NATO (foto: dok).

Dua pejabat tinggi di Afghanistan selatan, termasuk komandan polisi yang berpengaruh, Jenderal Abdul Raziq, tewas dalam insiden penembakan sewaktu kunjungan jenderal tertinggi AS di Afghanistan.

Jenderal Amerika, Scott Miller tidak cedera dalam serangan itu. Miller ketika itu sedang mengunjungi kompleks gubernur Kandahar untuk bertemu dengan gubernur dan pejabat-pejabat provinsi lainnya.

Media lokal mengatakan, rombongan itu sedang menuju ke landasan helikopter setelah pertemuan, ketika penembakan itu terjadi.

Selain Raziq, mereka yang tadinya selamat dari beberapa serangan Taliban sebelumnya terhadap dirinya, serangan hari Kamis (18/10) itu menewaskan kepala intelijen provinsi dan gubernur Kandahar mengalami luka berat. Laporan sebelumnya mengatakan gubernur itu tewas. Dua orang Amerika, termasuk satu anggota anggota tentara AS, terluka.

Taliban mengaku bertanggung jawab dan mengatakan seorang "penyusup" melancarkan serangan yang diarahkan kepada Raziq dan Jenderal Amerika itu.

Juru bicara militer AS, Kolonel Dave Butler mengatakan warga Amerika yang terluka "telah dievakuasi untuk perawatan medis dan kini dalam keadaan stabil," dan menambahkan bahwa pelaku serangan sudah tewasi dan daerah itu kini aman. (ps/is)

Recommended

XS
SM
MD
LG