Tautan-tautan Akses

Para Pengunjuk Rasa Ganggu Kesaksian Menlu Blinken di Komite Senat AS


Pengunjuk rasa pro-Palestina mengacungkan “tangan berdarah” saat Menlu AS Antony Blinken memberikan kesaksian di depan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS hari Selasa (21/5).
Pengunjuk rasa pro-Palestina mengacungkan “tangan berdarah” saat Menlu AS Antony Blinken memberikan kesaksian di depan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS hari Selasa (21/5).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken disambut oleh para pengunjuk rasa ketika dia berusaha menjelaskan anggaran baru departemennya di gedung Kongres, Capitol Hill.

Para pengunjuk rasa menyuarakan penolakan mereka terhadap apa yang terjadi di Gaza dalam perang antara Israel dan Hamas.

Blinken dapat melanjutkan pernyataannya setelah beberapa kali interupsi untuk menjelaskan mengapa departemennya membutuhkan peningkatan pendanaan.

“Kebutuhan akan kepemimpinan global AS dan kerja sama dengan sekutu dan mitra tidak pernah sebesar ini,” kata Blinken.

“Kita perlu menjaga momentum ini yang memerlukan anggaran Departemen Luar Negeri yang sepenuhnya siap untuk memenuhi tantangan zaman yang kita hadapi,” tambahnya.

Permintaan Anggaran Tahun Anggaran 2025 yang diajukan oleh presiden untuk Departemen Luar Negeri dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) adalah $42,8 miliar untuk bantuan luar negeri, yaitu $411,5 juta (1 persen) di atas anggaran tahun 2023.

“Tingkat anggaran yang ditetapkan tahun lalu menunjukkan pemotongan sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu merupakan tantangan bagi kami untuk mencapai hasil,” kata Blinken.

“Kongres dan rakyat Amerika ingin melihat hal ini. Jadi saya mendorong Anda untuk mendukung anggaran ini, yang membantu kita menangani prioritas kebijakan luar negeri yang paling mendesak pada tahun mendatang dan meletakkan dasar bagi kepemimpinan yang kuat pada tahun-tahun mendatang,” pungkas Blinken. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG