Tautan-tautan Akses

Trump Kembali Kecam Amazon, Tuduh Penyebab Hilangnya Lapangan Kerja


CEO Amazon Jeff Bezos dalam sebuah acara di Seattle, Washington (foto: dok).

Presiden Donald Trump kembali menyerang perusahaan raksasa e-commerce, Amazon dengan menyatakan bahwa Amazon “menimbulkan kerugian besar bagi pengecer yang membayar pajak.''

Dalam cuitannya, Trump menyatakan “kota-kota dan negara bagian di seluruh Amerika dirugikan - banyak pekerjaan hilang!''

Trump sering mengecam Amazon dan CEO-nya Jeff Bezos, yang juga pemilik harian The Washington Post.

Banyak toko pengecer tutup dan menyalahkan Amazon karena orang beralih membeli barang secara online. Tetapi Amazon telah merekrut ribuan pekerja gudang dalam pameran kerja di seluruh Amerika. Amazon mengumumkan rencana menambah 100 ribu pekerja penuh waktu sebelum pertengahan tahun depan.

Dalam cuitan sebelumnya Trump pernah menulis, Amazon tidak membayar pajak Internet. Tetapi tidak jelas apa maksudnya.

Menurut situsnya, Amazon.com mengenakan pajak penjualan di 45 negara bagian dan District of Columbia. Pemerintah negara bagian berusaha menarik pajak penjualan dari transaksi yang dilakukan pengecer internet, tetapi harus berhadapan dengan keputusan Mahkamah Agung tahun 1992 bahwa pengecer harus secara fisik berada di negara bagian sebelum pejabat bisa memaksa mereka menarik pajak penjualan.

Selama bertahun-tahun, perusahaan yang berpusat di Seattle itu menolak menarik pajak penjualan dari pelanggan. Berdasar Konferensi Nasional Badan Legislatif Negara Bagian, South Carolina termasuk dalam 10 negara bagian yang semula memberi Amazon penangguhan pajak sementara sebagai imbalan atas pembukaan lapangan pekerjaan dan investasi. Pada tahun 2011, negara bagian itu menetapkan memberi Amazon sampai awal tahun 2016 sebelum negara bagian itu mengenakan pajak.

Masih terkait Amazon, perusahaan itu hari Selasa meluncurkan layanan yang memungkinkan anggota Prime di lima kota mengambil barang seperti makanan ringan, minuman dingin atau charger telepon dalam waktu dua menit setelah pemesanan secara online. Pelanggan perlu datang ke lokasi Amazon untuk mengambil pesanan.

Layanan yang disebut Instant Pickup itu merupakan langkah terbaru perusahaan online itu dalam memperbanyak kehadiran fisiknya di toko-toko. Amazon.com Inc. secara fisik membuka toko buku di seluruh negeri dan akan membeli pasar swalayan makanan organik Whole Foods.

Saat ini, lokasi pengambilan terletak di dekat kampus di lima kota yaitu Atlanta; Berkeley, California; College Park, Maryland; Columbus, Ohio; dan Los Angeles, California.

Amazon berencana memperluas layanan itu ke lebih banyak lokasi dalam beberapa bulan mendatang. [ka/ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG